SMPN 4 Langke Rembong Sabet Dua Kejuaraan Sekaligus Pada Ajang FLS2N Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Manggarai.

Ruteng, 19/08/22. Menjadi sekolah yang memiliki segudang prestasi tentunya menjadi kebanggaan setiap stakeholder pada lembaga tersebut.  Sekolah Menenggah Pertama Negeri 4 Langke Rembong yang beralamatkan di La’o, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur, selain sebagai sekolah rintisan yang menerapkan pembelajaran Berbasis Teknologi, sekolah ini juga memiliki segudang prestasi di bidang minat dan bakat siswa/i. Sekolah yang terletak di wilayah Barat kota Ruteng ibukota kabupaten Manggarai ini, sering meraih juara diberbagai perlombaan.

Pada Tanggal 11-12 Agustus 2022, pada ajang  kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP/MTS Tingkat Kabupaten Manggarai Tahun 2022, yang mengusung tema “Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia”, SMP Negeri 4 Langke Rembong keluar sebagai Juara I. Tidak tanggung-tanggung, dua jenis mata lomba sekaligus  berhasil diraih. Adapun dua mata lomba tersebut yaitu Vocal Solo dan Tarian.


(Foto 1: Peserta FLS2N  2022 Kategori Vocal Solo Tingkat Kabupaten Manggarai-NTT)

 

Babak final vocal solo Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP/MTS Tingkat Kabupaten Manggarai Tahun 2022, diadakan pada Kamis, 11 Agustus 2022. Kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai-NTT. Sejumlah dua belas peserta vocal solo tingkat SMP utusan dari masing-masing sekolah yang juara di tingkat kecamatan menampilkan suara-suara emasnya melalui lagu wajib dan lagu pilihan yang dinyanyikan. Ayu utusan dari SMP Negeri 4 Langke Rembong, lagi-lagi keluar sebagai Juara I Babak Final Vocal Solo Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2022 yang diselenggarakan pada hari ini. Atas Juara yang diraih Maria Kristiani yang biasa disapa Ayu Siswi kelas VII SMPN 4 Langke Rembong ini akan mewakilkan Kabupaten Manggarai  dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang.

Sementara Final FLS2N kategori Tari dilaksanakan pada Jumat 12 Agustus 2022 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Finalis yaitu sejumlah 12 kelompok tari utusan juara di tingkat kecamatan. Menampilkan tarian yang sangat luar biasa di hadapan juri, para pendukung serta semua peserta yang hadir, peserta lomba tari dari  SMP Negeri 4 Langke Rembong kembali keluar sebagai Juara I dalam Ajang FLS2N Katagori Tari Tingkat Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. SMP Negeri 4 Langke Rembong sebagai Sekolah yang mewakili Kecamatan Langke Rembong untuk lomba Tarian dengan tema tarian yang dibawakan yaitu “Mai Rojok Cama”. Peserta Tari yaitu Tia, Risky, Laura, Klaudia dan Viko.

Kepala SMP Negeri 4 Langke Rembong, Drs. Resman Wenseslaus Yan, menjelaskan bahwa setiap prestasi yang diraih siswa/i ini layak diapresiasi baik pembina maupun siswa/i. Sebuah kebanggan bagi sekolah. Selain itu, lembaga ini sudah mempunyai program pendampingan minat/bakat siswa. Harapannya bahwa perlombaan ini tidak hanya sampai di tingkat Kabupaten saja, tetapi juga Provinsi dan sampai sekala Nasional.


(Foto 2: Juara 1 FLS2N dari SMPN 4 Langke Rembong Kategori Tari)

 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero, S.Pd menjelaskan bahwa FLS2N ini tujuannya meningkatkan daya saing siswa, mulai dari satuan pendidikan, kecamatan sampai pada tingkat kabupaten. Lomba ini mengajarkan dan memberi rasa percaya diri, sportifitas, saling menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan orang dan jujur mengakui kekurangan sendiri.

Sementara itu, Ayu sebagai Juara I Vocal Solo merasa senang dan bangga karena bisa membawa nama sekolah. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua, kepala sekolah, guru-guru, pendamping dan teman-teman yang selalu mendukungnya sampai juara pada ajang  FLS2N tahun ini.

Selain itu, guru pendamping baik Vokal dan Tari SMP Negeri 4 Langke Rembong, Fransiskus Suhardi, S.Pd dan Hildegardis M. Ndaeng, S.Pd, mengatakan bahwa mereka sangat senang dan bangga. Ini semua berkat latihan-latihan setiap hari, baik Vocal Solo maupun Tarian. Semua ini butuh proses dan perjuangan. Untuk Vocal Solo, semua teknik dan dinamika itu dikuasai untuk sampai pada penonton, begitu juga tarian bahwa ini bukan hanya sekadar gerakan tari saja tetapi merupakan olahrasa dan pesannya tersampaikan kepada penonton.

Puncak kegiatan ini yaitu pembagian hadiah kejuaraan oleh pemerintah daerah Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur, pada upacara memperingati Hari Ulang Tahun  Republik Indonesia ke-77 tingkat kabupaten Manggarai, 17 Agustus 2022, yang berlangsung di Lapangan Motang Rua-Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Beberapa harapan dari SMP Negeri 4 Langke Rembong, baik Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru serta Siswa/i, bahwa lomba FLS2N ini tidak hanya sampai di tingkat Kabupaten saja, melainkan sampai di tingkat Propinsi dan selanjutnya di tingkat Nasional.


(Foto 3: Juara 1 FLS2N Kategori Vocal Solo-Maria Kristiani/ Ayu bersama pendamping (Fransiskus Suhardi, S.Pd)

 

Perlombaan lain juga sangat penting dilaksanakan, bukan hanya FLS2N saja. Selain membina karakter Siswa/i juga mengembangkan minat dan bakat mereka demi terwujudnya harapan bersama tentang kualitas pendidikan di Negara kita tercinta ini.

Semua Prestasi yang ditorehkan ini tentu tidak mudah,  untuk menghasilkan siswa berbakat dan berprestasi secara akademik maupun Non-Akademik. Dibutuhkan kerja keras semua pihak. Kepala Sekolah, Guru, orang tua, siswa dan lingkungan masyarakat setempat. Ucapan  terima kasih disampaikan kepada Kepala SMPN 4 Langke Rembong Drs. Resman Wenseslaus Yan, Bapak/Ibu Guru, Tenaga Kependidikan, Bapak/Ibu Pelatih, Siswa/i, Orang Tua/Wali SMPN 4 Langke Rembong , para suporter yang selalu setia mendukung semua rangkaian kegiatan ini, mulai tahap persiapan, latihan sampai final. Terima kasih juga kepada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggarai, Kepala Dinas, Sekretaris, Kabid, Pengawas, Panitia FLS2N 2022, beserta jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai-Propinsi Nusa Tenggara Timur, semua peserta,Bapak/Ibu pendamping kegiatan FLS2N 2022 dari dua belas kecamatan di Kabupaten Manggarai. Terima kasih untuk semua Maha Karya luar biasa ini untuk kemajuan bidang seni Kabupaten Manggarai sembari tetap memuliakan kearifan lokal menembus dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.