SUKSES LAKSANAKAN UAS PENGETAHUAN BERBASIS APLIKASI ANDROID, SMPN 4 LANGKE REMBONG GELAR UJIAN KETERAMPILAN.

Ujian Keterampilan

Ruteng, 30/04/2022. Setelah sukses melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) bidang pengetahuan dengan berbasis aplikasi android, SMP Negeri 4 Langke Rembong yang beralamatkan di La’o, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur, kembali melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) Kelas IX pada bidang keterampilan.

Ujian ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari, terhitung sejak Senin-Jumat, 25-29 April 2022, dimulai pukul 08.00-13.00 wita, bertempat di SMP Negeri 4 Langke Rembong pada setiap ruangan ujian yang sudah dibagikan dan terjadwal oleh panitia ujian.

Ujian keterampilan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksankan dengan sistem terintegrasi antar mata pelajaran. Sedangkan untuk tahun pelajaran 2021/2022 ini, ujian keterampilan dilaksanakan secara independensi untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan karakter dan kompetensi dasar keterampilan masing-masing yang sudah ditentukan oleh guru mata pelajaran tersebut tanpa ada kolaborasi dengan mata pelajaran yang lain terutama muatan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.

Setiap mata pelajaran memiliki indikator dan materi yang akan diujikan kepada siswa/i. Adapun capaian-capaian yang dapat ditagih dari siswa yaitu berupa produk (video-video), projek (karya kerajinan tangan), portofolio (teks-teks).


Ujian Keterampilan Drama Film Dokumenter.

 

Sekretaris Panitia, Melania Liliastri Sali, S.Pd.Gr, saat diwawancarai tim media ini mengenai persiapan panitia, mengatakan bahwa sebelum ujian keterampilan, panitia menyiapkan kisi-kisi dan rubrik dari setiap rumpun mata pelajaran. Selain itu, daftar hadir serta berita acara kegiatan untuk administratif kegiatan. Hal teknis juga disiapkan panitia sebelum ujian, seperti sarana prasarana pendukung termasuk ruangan ujian.

“Sebelum ujian keterampilan dilasanakan, hal pertama yang kami lakukan adalah bagaimana persiapan panitia, mulai dari menyiapkan kisi-kisi dan rubrik penilaian keterampilan dari setiap rumpun mata pelajaran. Secara administratif juga, kami menyiapkan daftar hadir dan berita acara kegiatan juga persiapan ruangan ujian dan sarana pendukung agar berjalan lancar”katanya.

Sementara itu, dihubungi terpisah seorang Siswi Kelas IX, Anye Bahona kelas IX C, mengatakan bahwa dengan ujian keterampilan yang diadakan di sekolah ini, mereka memperoleh wawasan baru terutama keterampilan dari setiap mata pelajaran untuk menghasilkan produk-produk keterampilan termasuk video, karya kerajinan tangan, serta karya keterampilan lain sesuai karakteristik setiap mata pelajaran.

Diadakannya ujian keterampilan ini, kami mendapat wawasan yang luas serta mendapat teori yang baru dan ujian ini berguna untuk nilai keterampilan kami. Ujian ini sangat baik karena manfaatnya sangat banyak. Kami sangat senang, karena kami mempunyai ilmu yang banyak bukan dari pengetahuan saja tetapi juga keterampilan kami.”terang Anye.

Kepala SMP Negeri 4 Langke Rembong, Drs. Resman Wenseslaus Yan, saat dihubungi tim media ini, menjelaskan bahwa persiapan pelaksanaan ujian penilaian keterampilan kelas IX,semuanya sudah dimuat dalam program sekolah pada Tahun Pelajaran 2021/2022 terutama pada rapat awal semester Genap di awal bulan Januari. Semua  guru menyiapakan materi berkaitan dengan penilaian keterampilan dalam bentuk projek, produk dan portofolio. Sehingga Siswa/i Kelas IX sudah dipersiapakan sejak bulan Januari.

Drs. Resman Wenseslaus Yan.

 

Lebih lanjut, kata Kepsek Resman, tentang bagaimana evaluasi kegiatan ujian ini, dijelaskannya pasti ada hal-hal kecil di tengah pelaksanaan kegiatan yang menjadi tantangan sedikit tetapi semua itu pasti dilalui semua, sehingga ujian berikutnya berjalan lancar.

“Setiap program atau apa saja namanya pasti ada hal-hal atau apa saja namanya pasti tidak mencapai apa yang diharapkan. Karena tergantung persiapan dari Siswa/i sendiri walaupun sekolah melalui para guru sudah mendampingi anak didik tetapi kembali kepada motivasi mereka sendiri dan juga peran serta orang tua mendampingi mereka. Tetapi pelaksanaan ujian kemarin rata-rata sudah dilaksanakan dengan baik serta lancar dan selesai pada waktunya. Peran guru dan siswa juga sangat tinggi sehingga pelaksanaan berjalan dengan bagus”jelasnya.

Adapun harapan dari Kepsek Resman sendiri yaitu kegiatan-kegiatan selanjutnya, lembaga ini melalui kepala sekolah dan guru-guru memperbaiki hal-hal yang selama ini mengalami kendala dan keterbatasan, sehingga bisa diisi dan tidak dijumpai lagi pada kegiatan berikutnya. Mulai tahun ajaran baru, sekolah akan melaksanakan kegiatan ini terutama mulai dari persiapan sampai pada pelaksanaan. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan tidak singkat, tetapi dalam waktu yang lama, akan menghasilkan dalam bentuk projek atau portofolio. Bukan hanya dalam sebulan tetapi selama sembilan bulan.


Seorang siswi sedang ujian Story Telling.

Sementara itu, Rodriquez Korbiana Tildy, S.Si, salah seorang guru Kelas IX di sekolah ini, saat ditanya mengenai persiapan para guru sebelum ujian, menjelaskan bahwa ujian keterampilan ini merupakan penilaian proyek yang terdiri dari beberapa tahapan pekerjaan sampai menghasilkan karya berupa produk. Untuk mapel matematika produk yang dihasilkan berupa video edukasi terkait materi yang telah dipelajari peserta didik yakni bangun ruang sisi lengkung. Langkah persiapan tentunya pemilihan produk, observasi, dan diikuti dengan langkah-langkah pembinaan yang dilanjutkan dengan pembuatan video edukasi. Keberhasilan suatu ujian keterampilan diawali dari pembuatan kisi-kisi yang baik oleh guru juga rubrik penilaian yang jelas, yang tentunya disampaikan kepada peserta didik sejak awal proyek diberikan. Sehingga proses pengerjaan proyek oleh peserta didik bisa terarah dan tentunya penting peranan bimbingan guru selama peserta didik pengerjaan proyek (untuk matematika sekitar 1,5 bulan). Guru membimbing sekitar 2-4 kali bimbingan bagi setiap peserta didik.

“Sejauh yang saya alami, ini tahun ketiga sekolah kami mengadakan ujian keterampilan. Untuk ujian keterampilan tahun ini berjalan lancar. Banyak video edukasi yang dihasilkan peserta didik yang sangat konstekstual dan bisa dianggap layak untuk menjadi video pembelajaran yang lebih bermakna dan bisa disebarluaskan. Sudah baik dari segi konten maupun konteks nya. Ini suatu kejutan bagi saya, karena beberapa peserta didik sudah bisa menunjukkan kompetensi lebih di bidang keterampilan matematika juga termasuk mata pelajaran lain”terangnya

Diketahui bahwa pelaksanaan ujian keterampilan di SMP Negeri 4 Langke Rembong ini berlangsung aman dan lancar dengan menghasilkan beberapa karya-karya luar biasa dari para siswa, baik dalam bentuk projek, produk maupun portofolio.

Seperti misalnya, untuk mata pelajaran TIK, hasilnya adalah projek berupa video dari siswa yaitu mengedit video menggunakan aplikasi Kinemaster. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berupa Portofolio yaitu Siswa/i menghasilkan teks pidato dan teks cerita inspiratif. Sedangkan Mata Pelajaran IPS, tagihan dari Siswa/i berupa produk yaitu Tirai dari bambu dan Lepi (tas kecil ) yang dibuat sendiri oleh para siswa dengan bukti video pembuatan mulai dari persiapan sampai hasil (produk-produk).

Sementara itu, untuk mata pelajaran PKN yaitu berupa projek drama dokumenter tentang film perjuangan. Begitu pula dengan mata pelajaran yang lain. Karya-karya keterampilan dari Siswa/i sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran.Red

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.