Workshop Aplikasi Canva dan Live Worksheet, SMPN 4 Langke Rembong Hadirkan Dosen Unika St. Paulus Ruteng Sebagai Narasumber.

Ruteng, 03/05/2022. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi, lembaga SMP Negeri 4 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), melaksanakan beberapa kegiatan penting seperti workshop-workshop.

Workshop juga merupakan salah satu kegiatan penting dari beberapa kegiatan lain yang sudah dan terus dilaksanakan dengan tujuan lain yaitu meningkatkan kualitas dan kompetensi profesionalisme guru di lembaga ini.

Hal ini berdampak pada kegiatan pembelajaran di kelas terutama akan terkoneksi langsung dengan Siswa/i. Ada upaya untuk meningkatkan minat Siswa/i dalam  pembelajaran dengan menggunakan media-media interaktif melalui aplikasi yang menyajikan konten pembelajaran seperti teks, gambar bergerak atau animasi, video, audio maupun game-game edukatif.

Kegiatan workshop yang sudah dilaksanakan yaitu pada hari Jumat, 29 April 2022 untuk workshop pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva sedangkan pada Sabtu, 30 April 2022 workshop pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memanfaatkan Google Live Worksheet. Kegiatan ini dilanjutkan pada tanggal 5-7 Mei 2022.

Dalam kegiatan workshop tersebut, lembaga SMP Negeri 4 Langke Rembong telah bekerja sama dengan lembaga perguruan tinggi UNIKA St. Paulus Ruteng menghadirkan para Dosen sebagai narasumber/pemateri kegiatan.


Para Narasumber Workshop.

 

Adapun yang hadir sebagai pemateri yaitu Fransiskus Jemadi, M.Pd dan Yustus Sentus Halum, M.Pd untuk media pembelajaran interaktif aplikasi Canva. Sementara itu workshop untuk LKPD Online (Live Worksheet), pematerinya yaitu Marlinda Mulu, S.Si, Zephisius R.E. Ntelok, M.Pd, Mariana Jediut, M.Pd, dan Fransiska J. Madu, M.Pd.

Pimpinan sekolah ini, Drs. Resman Wenseslaus Yan, dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini sangat bagus untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 4 Langke Rembong, selain itu meningkatkan profesionlisme para guru dalam bidangnya dengan pelaksanaan workshop media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Canva dan Google Live Worksheet.

“Harapannya bahwa kegiatan ini tidak hanya sampai pada tahap ini saja tetapi diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran pada masa-masa yang akan datang di bulan Mei ini dan juga pada semester yang akan datang di tahun ajaran baru. Supaya apa yang sudah didapat dari para narasumber langsung dibuat, tidak hanya sekadar sebatas pelatihan saja, tetapi lebih daripada itu agar terciptanya pembelajaran menyenangkan dan interaktif terutama bagi peserta didik”jelasnya.


Drs. Resman Wenseslus Yan.

 

Sementara itu, Marlinda Mulu, S.Si, salah satu narasumber kegiatan, saat dihubungi terpisah, menyampaikan bahwa profil SMP Negeri 4 Langke Rembong mulai dari para guru sampai Siswa/i dalam kegiatan pembelajaran berbasis teknologi juga didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang ada di sekolah ini. Sehingga beberapa kegiatan workshop dan pelatihan-pelatihan di lembaga ini, tidak mengalami hambatan yang cukup berarti.

“Beberapa kali kami melaksanakan kegiatan di sekolah ini, memang awal-awalnya belum 100%. Tetapi untuk kegiatan hari ini, 80-90 % guru di sekolah ini saya yakin sudah paham untuk aplikasi live worksheet ini. Bagi kami juga, keakraban dan kekeluargaan di sekolah ini juga merupakan motivasi tersendiri bagi kami. SMPN 4 Langke Rembong sudah seperti rumah sendiri bagi kami”terangnya.


Antusiasme para Guru saat Workshop.

 

Pantauan dari tim media ini, pelaksanaan kegiatan workshop berlangsung aman dan lancar. Para guru di sekolah ini sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini dibuktikan pada sela-sela penyampaian materi workshop, beberapa Guru menyampaikan pertanyaan dan langsung mempraktikkan penggunaan aplikasi Canva dan Live Worksheet di hadapan peserta yang lain. Red

Leave a Reply

Your email address will not be published.